Bagi perusahaan, marketing memang merupakan kegiatan yang memiliki
peranan yang sangat penting dalam menentukan maju-mundurnya perusahaan,
karena marketing salah satu fungsinya adalah untuk menghasilkan
pemasukan. Semakin besar pemasukan maka perusahaan akan semakin maju dan
berkembang, sedangkan jika pemasukan kurang atau kecil maka perusahaan
akan mengalami kemunduran.
Marketing memang sangat erat kaitannya dengan aktivitas kehidupan kita sehari-hari sebab objeknya ialah Konsumen. Biasanaya kita sebagai konsumen sering dihadapkan pada beberapa pilihan seperti memilih merek dari produk tertentu yang hendak kita beli, dimana kita akan membelinya dan menentukan waktu maupun kualitas saat melakukan pembelian. Jadi kita sebagai konsumen dapat dijadikan informasi yang dibutuhkan oleh para Marketer dalam melakukan kegiatan marketing.
Customer atau konsumen dalam pemasaran bagaikan raja, mereka berhak menentukan pilihan apa saja yang mereka mau. Kondisi psikologis yang demikian inilah yang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh seorang marketer untuk mempromosikan produknya.
Pengalaman menghadapi berbagai karakter konsumen merupakan faktor penting yang dapat menentukan tingkat keberhasilan penjualan bagi seorang marketer. Untuk lebih jelasnya, berikut ini disampaikan tips menghadapi konsumen.
1. Jalinlah komunikasi yang baik
Custumer itu harus diperlakukan dengan baik, anggap mereka sebagai sahabat. Jangan trkesan menggurui mereka. Karena dengan begitu, customer akan merasa lebih nyaman mendengarkan penjelasan tentang produk yang sedang Anda pasarkan. Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti oleh konsumen. Perhatikan, siapa calon konsumen yang sedang Anda hadapi dan di mana, karena masing-masing dari mereka membutuhkan perlakuan yang berbeda.
2. Bersikap ramah
Sebagai customer servis ketika menghadapi konsumen harus dapat menerapkan pola 3S, salam, senyum, sapa. Ketika bertemu calon konsumen atau setiap konsumen yang baru datang ketika Anda sedang presentasi, berilah salam kepada mereka,sapalah mereka dengan senyuman manis. Dengan demikian, mereka akan senang kepada Anda, senang mendengarkan penjelasan Anda, dan harapannya juga senang terhadap produk yang sedang Anda pasarkan.
3. Sabar
Sabar bukan berarti pasrah ketika produk Anda tidak laku. Anda harus pahami bahwa ketika Anda selesai melakukan presentai tidak serta merta konsumen langsung menerima dan mau membeli produk Anda. Tidak, mereka pasti masih mau bertanya-tanya tentang spesikasi produk, menawar, atau juga mungkin bertanya hal-hal lain yang di luar dugaan Anda. Nah, di sinilah akan diuji kesabaran Anda. Tetaplah bersabar dan berkomunikasi yang akrab dengan mereka. Yang penting, jangan sampai Anda terkesan memaksa konsumen untuk segera membeli produk Anda.
4. Aktif memberi penjelasan
Sebagai customer servis harus paham dan menguasai karaktristik setiap produk yang dipasarkan. Anda harus mampu menjelaskan karakteristik setiap produk secara detail, manfaat produk, keunggulan produk, cara memanfaatkan, cara mengoperasikan, cara pemeliharaan, dan apa saja yang mungkin ditanyakan oleh konsumen Anda harus bisa menjelaskan. Anda jangan sampai terkesan gagap karena tidak paham tentang produk Anda.
Itulah beberapa hal yang harus Anda kuasai jika Anda ingin prestasinya bagus pada perusahaan Anda. Memang ini tidah mudah, membutuhkan waktu dan proses belajar. Untuk meningkatkan kompetensi Anda sebagai seorang marketer, hendaknya Anda harus sering mengikuti diklat marketing, dan juga membaca banyak referensi yang dapat membangkitkan potensi diri Anda. Karena sebenarnya, Anda memiliki potensi diri luar biasa, tergantung Anda sendiri bagaimana mau membangkitkannya atau tidak.
Marketing memang sangat erat kaitannya dengan aktivitas kehidupan kita sehari-hari sebab objeknya ialah Konsumen. Biasanaya kita sebagai konsumen sering dihadapkan pada beberapa pilihan seperti memilih merek dari produk tertentu yang hendak kita beli, dimana kita akan membelinya dan menentukan waktu maupun kualitas saat melakukan pembelian. Jadi kita sebagai konsumen dapat dijadikan informasi yang dibutuhkan oleh para Marketer dalam melakukan kegiatan marketing.
Customer atau konsumen dalam pemasaran bagaikan raja, mereka berhak menentukan pilihan apa saja yang mereka mau. Kondisi psikologis yang demikian inilah yang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh seorang marketer untuk mempromosikan produknya.
Pengalaman menghadapi berbagai karakter konsumen merupakan faktor penting yang dapat menentukan tingkat keberhasilan penjualan bagi seorang marketer. Untuk lebih jelasnya, berikut ini disampaikan tips menghadapi konsumen.
1. Jalinlah komunikasi yang baik
Custumer itu harus diperlakukan dengan baik, anggap mereka sebagai sahabat. Jangan trkesan menggurui mereka. Karena dengan begitu, customer akan merasa lebih nyaman mendengarkan penjelasan tentang produk yang sedang Anda pasarkan. Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti oleh konsumen. Perhatikan, siapa calon konsumen yang sedang Anda hadapi dan di mana, karena masing-masing dari mereka membutuhkan perlakuan yang berbeda.
2. Bersikap ramah
Sebagai customer servis ketika menghadapi konsumen harus dapat menerapkan pola 3S, salam, senyum, sapa. Ketika bertemu calon konsumen atau setiap konsumen yang baru datang ketika Anda sedang presentasi, berilah salam kepada mereka,sapalah mereka dengan senyuman manis. Dengan demikian, mereka akan senang kepada Anda, senang mendengarkan penjelasan Anda, dan harapannya juga senang terhadap produk yang sedang Anda pasarkan.
3. Sabar
Sabar bukan berarti pasrah ketika produk Anda tidak laku. Anda harus pahami bahwa ketika Anda selesai melakukan presentai tidak serta merta konsumen langsung menerima dan mau membeli produk Anda. Tidak, mereka pasti masih mau bertanya-tanya tentang spesikasi produk, menawar, atau juga mungkin bertanya hal-hal lain yang di luar dugaan Anda. Nah, di sinilah akan diuji kesabaran Anda. Tetaplah bersabar dan berkomunikasi yang akrab dengan mereka. Yang penting, jangan sampai Anda terkesan memaksa konsumen untuk segera membeli produk Anda.
4. Aktif memberi penjelasan
Sebagai customer servis harus paham dan menguasai karaktristik setiap produk yang dipasarkan. Anda harus mampu menjelaskan karakteristik setiap produk secara detail, manfaat produk, keunggulan produk, cara memanfaatkan, cara mengoperasikan, cara pemeliharaan, dan apa saja yang mungkin ditanyakan oleh konsumen Anda harus bisa menjelaskan. Anda jangan sampai terkesan gagap karena tidak paham tentang produk Anda.
Itulah beberapa hal yang harus Anda kuasai jika Anda ingin prestasinya bagus pada perusahaan Anda. Memang ini tidah mudah, membutuhkan waktu dan proses belajar. Untuk meningkatkan kompetensi Anda sebagai seorang marketer, hendaknya Anda harus sering mengikuti diklat marketing, dan juga membaca banyak referensi yang dapat membangkitkan potensi diri Anda. Karena sebenarnya, Anda memiliki potensi diri luar biasa, tergantung Anda sendiri bagaimana mau membangkitkannya atau tidak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar